Selasa, 16 Oktober 2012

klasifikasi alat musik




Klasifikasi alat musik menurut sumber bunyi
1.             Idiophone adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari alat itu sendiri.

2.             Membranphone adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran membran/kulit/selaput.

3.             Cordophone adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getar dawai atau senar.

4.              Airophone adalah alat musik yang sumber bunyinya dari getaran udara.




















Contoh alat musik membranphone
1.           Beduk

Beduk atau juga dikenali sebagai tabuh merupakan sebuah gendang yang digunakan bagi menandakan masuk waktu solat di surau atau masjid pada zaman dahulu. Juga digunakan sebagai alat muzik semasa upacara rasmi pada suatu masa dahulu. Pada kebiasaannya ia diperbuat daripada bingkai kayu nangka  ditebuk, dan hanya sebelah bukan dipasang kulit.


2.                         Kendang atau gendang
 Kendang, atau gendang adalah salah satu alat musik dalam gamelan jawa yang berfungsi mengatur irama dan termasuk dalam kelompok “membranofon” yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput kulit atau bahan lainnya.


3.                       Rebana
Rebana adalah gendang berbentuk bundar dan pipih. Bingkai berbentuk lingkaran dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing. Kesenian di Malaysia, Brunei, Indonesia dan Singapura yang sering memakai rebana adalah musik irama padang pasir, misalnya, gambus, kasidah dan hadroh.

4.                       Bass drum
Drum bass merupakan instrumen drum dalam keluarga instrumen musik perkusi dengandiameter berukuran besar untuk menghasilkan suara dalam intonasi nada rendah (bass). Terdapattigaklasifikasi umum atas drum bass: drum bas konser, 'kick' drum , danpitched bass drum. Jenis yang umum dilihat atau didengar dalam penampilan orkestra atau concert band adalah drum bass konser. 'Kick' drum merupakan drum bass pada drumkit yang dilengkapi pedal. Picthed bass drum atau disebut pula marching bass drum umumnya digunakan dalam grup marching band, biasanya terdiri dalam beberapa ukuran dengan intonasi nada tertentu yang dapat diatur. Dalam permainan marching band, beberapa pitched drum bass (3 sampai dengan 5 buah drum bass) dalam ukuran berbeda digunakan bersama-sama.

5.                       Jimbe
 Jimbe adalah sejenis alat musik ketipung yang terbuat dari kulit. Dalam jaman sekarang, jimbe banyak dijumpai dalam musik aliran reggae. Pembawaannya yang menarik membuat alat musik ini enak didengar jika dipadukan dengan alat musik yang lain


6.                       Maruas

 Maruas merupakan sejenis alat musik dalam keluarga gendhang, yang mempunyai bingkai kayu dan bertutup dengan belulang pada kedua belah permukaannya.



7.                       Tifa
 Tifa adalah sejenis alat musik tradisional yang sangat terkenal di daerah Indonesia bagian timur, khususnya Papua. Biasanya tifa digunakan sebagai pelengkap tarian selamat datang di Papua. Selain itu, tifa juga digunakan sebagai pengiring upacara tradisional khas Papua.





8.                       Gedombak
 Gedombak merupakan sejenis alat musik dalam keluarga gendhang, yang mempunyai bingkai kayu dan bertutup dengan belulang pada bukaan besar.
Gedombak biasanya dimainkan secara duduk, dengan gedombak diletakkan di bawah ketiak. Ia dimainkan dengan memalu secara langsung menggunakan tangan. Gedombak dimainkan secara  berkumpulan bersama-sama beberapa peralatan muzik yang lain


9.                       Kompang
 Kompang ialah sejenis alat muzik tradisional yang paling popular bagi masyarakat Melayu. Ia tergolong dalam kumpulan alat musik gendhang.Kulit kompang biasanya diperbuat daripada kulit kambing.




10.                   Tambo

Tambo adalah alat musik tradisional Aceh. Tambo terbuat dari batang iboh, kulit sapi, dan rotan sebagai alat peregang kulit. Bentuknya sejenis tambur dan dimainkan dengan cara dipukul. Di zaman dulu, tambo berfungsi sebagai alat komunikasi untuk menandakan waktu shalat atau sembayang dan untuk mengumpulkan warga ke Meunasah guna membicarakan masalah-masalah kampung. Saat ini, tambo sudah jarang digunakan karena adanya teknologi modern berupa mikrofon.





Contoh alat musik airophone
1.                  Terompet
Terompet adalah alat musik tiup logam. Terletak pada jajaran tertinggi di antara tuba, eufonium, trombon, sousafon, French horn, dan Bariton. Terompet di-pitch di B.Terompet hanya memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda.



2.                  Klarinet
Klarinet adalah instrumen musik dari keluarga woodwind. Namanya diambil dari penambahan akhiran "-et" yang berarti "kecil" pada kata Itali "clarino" yang berarti "trompet". Sama seperti saksofon, klarinet dimainkan dengan menggunakan satu reed.
Klarinet merupakan keluarga instrumen terbesar, dengan ukuran dan pitch yang berbeda-beda. Kata klarinet umumnya merujuk pada soprano klarinet B
, yang merupakan klarinet terumum.
         Pemain klarinet disebut klarinetis.


3.                  Suling
Suling adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu. Suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik.
Suling modern untuk para ahli umumnya terbuat dari
perak, emas atau campuran keduanya. Sedangkan suling untuk pelajar umumnya terbuat dari nikel-perak, atau logam yang dilapisi perak

4.                  Saxophone
 Saksofon adalah instrumen yang masih tergolong dalam keluarga woodwind. Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkan menggunakan single-reed seperti klarinet. Saksofon umumnya dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnya ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.

5.                  Trombon
Trombon adalah alat musik tiup logam. Seperti pada alat musik tiup logam lainnya, suara dihasilkan dengan menggetarkan bibir.
Kata trombon diambil dari bahasa
Itali tromba (terompet) dan -one (akhiran yang berarti besar), maka secara bahasa tulis arti trombon adalah "terompet besar".
Pemain trombon disebut trombonis.

6.                  Harmonika
 Harmonika adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan. Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus.Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yang bernama 'Sheng' yang telah digunakan 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa

7.              Horn
 Dikenal di Amerika Serikat sebagai alto horn, di Inggris sebagai Tenor Horn, dan di Jerman sebagai althorn merupakan instrumen musik tiup yang termasuk dalam keluarga tiup logam.
8.                  Pianika
Pianika adalah salah satu alat musik gabungan yang ditiup dan ditekan. Sama halnya dengan piano yang memiliki tuts nada namun bedanya pianika itu akan berbunyi jika ditiup.

9.                  Keledi
 alat musik yang tebuat dari labi dan bamabu yang dimainkan dengan cara di tiup, alat ni berasal dari suku dayak bagian hulu


10.              Obo

 Obo adalah alat musik double reed jenis woodwind. Ia adalah keturunan dari shawm. Dibandingkan dengan instrumen woodwind lainnya, obo memiliki suara yang jernih dan melengking. Suara obo dapat terdengar jelas dalam ansambel yang besar sehingga suaranya dapat dengan mudah didengar ketika tuning.
Contoh alat musik Cordophone


1.                       Gitar
Gitar adalahalat musik berdawai yang dimainkan dengan jari-jemaritangan atau sebuahplektrum(alat petik gitar). Bunyinya dihasilkan dari senar-senar yang bergetar




2.                              Biola
     Biola adalah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memilikiempat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda.  Dengan interval sempurna kelima.



3.                              Kecapi
 Ukulele adalah alat musik petik sejenis gitar berukuran kecil,sekitar 20 inci, dan merupakan alat musik asli Hawai ditemukansekitar tahun 1879.


4.                          Harpa
 alat musik petik, Bentuknya tinggi,umumnya berwarna emas, dan memilikisenar.Biasanya  berbentuk dasar segitiga. Seringkali hadir bersamaandengan orkessimphony, bersamaan dengan suaravokal, suaraflute,atau bisa juga dengan jazz bass dan drum.


5.                              Ukulele
 Ukulele adalah alat musik petik sejenis gitar berukuran kecil,sekitar 20 inci, dan merupakan alat musik asli Hawai ditemukansekitar tahun 1879.


6.                              Cello
 alat musik gesek dan anggotadarikeluarga  biola. Orang yang memainkan cello disebut cellis.sebagai instrumen tunggal, dalammusik kamar,dan juga sebagai fondasi dalam suaraorkestra modern


7.                              Banjo
 Banjo adalah alat musik petik yang dikembangkan oleh budak AfrikadiAmerika Serikat,dan merupakan gabungan  beberapa alat musik Afrika.



8.                              Siter
 siter adalahalat musik petik di dalamgamelanJawa. Siter  memiliki 11 pasang senar, direntang kedua sisinya di antarakotak resonator. Ciri khasnya satu senar disetel nada pelogdansenar lainnya dengan nadaslendro.








9.                          Rebab
 Rebab adalahalat musik gesek yang biasanya menggunakan 2atau 3dawai,alat musik ini adalah alat musik yang berasal dariTimur Tengahdan mulai digunakan diAsia Tenggara. Alat musik yangmenggunakan penggesek dan mempunyai tiga atau dua utas talidari dawai logam (tembaga) ini badannya menggunakan kayunangkadan berongga di bagian dalam ditutup dengan kulitlembuyang dikeringkan sebagai pengerassuara.

10.                      Sasando

 Sasando adalah sebuah alat musik dari Nusa Tenggara Timur tepatnya dari Pulau Rote. Sasando berbentuk seperti Harpa, dengan media pemantul suara terbuat dari daun Pohon Gebang yang dilekuk menjadi setengah melingkar. Tempat senar-senar diikat terbuat dari bambu yang keras, penahan senar yang sekaligus sebagai pengatur nada senar juga terbuat dari bambu. Batang bambu itu lalu diikat menyatu dengan daun Gebang yang dibuat melingkar tadi. Wadah ini merupakan tempat resonansi sasando












Contoh alat musik idiophone
1.                  Triangel
alat musik idiophone keluarga perkusi.dimainkan dengan memukul nya dengan pemukul kecil

2.                  Drum
 Drum terdiri dari hollowed out potong (disebut tubuh), yang memanjang pada ujung drum, dan tombol tuning atau pasak yang stiffens atau loosens selaput yang berbeda untuk mencapai nada. YAng mengahsilkan suara saat kita bermain drum adalah pada saat kita memukul gendang selaput tersebut.

3.                  Kulintang
 Kulintang merupakan alat musik tradisional dari Pulau Sulawesi di Indonesia. Itu terbuat dari berbagai jenis kayu. Untuk mengoperasikan kulintang, kita harus menggunakan sepasang spesifik untuk tekan pemukul kulintang, seperti bermain xilofon, untuk menghasilkan musik. Ada empat jenis pemukul, masing-masing khusus untuk beroperasi setiap jenis kulintang. Empat jenis pemukul panjang dan berbeda dalam ukuran.

4.                  Belira
belira adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul, dan biasa digunakan pada drum band












5.                  Hit-hat Cymbal
 merupakan 2 lempengan cymbal yang di gabungkan menjadi satu bagian. Biasanya kedua bagian itu mempunyai ukuran yang sama, tapi bagi beberapa drummer mereka lebih senang memakai hi-hat yang berbeda ukuran.

Fungsi dari hi-hat sangat penting sekali, sebab hi-hat mempunyai peranan mengatur tempo/waktu dalam permainnan. Pada jaman dulu drummer belum mengenal hi-hat , tetapi “Low boy “ ( letaknya di bawah ). Hi-hat muncul pada pertengahan decade 20-an ( dikatakan hi-hat karena bentuknya seperti topi tinggi ).

6.                  Gong
terbuat dari tembaga yang dicat keemasan. pada penggunaannya digantungkan dan di ikat pada tiang kayu. pada pembuataannya gong belum memiliki nada, untuk mencari nada yang pas, gong akan dikerok dan dihaluskan sampai tipis hingga ditemukan nada yang pas.

7.                  Angklung
 Dalam rumpun kesenian yang menggunakan alat musik dari bambu dikenal jenis kesenian yang disebut angklung. Adapun jenis bambu yang biasa digunakan sebagai alat musik tersebut adalah awi wulung (bambu berwarna hitam) dan awi temen (bambu berwarna putih). Purwa rupa alat musik angklung; tiap nada (laras) dihasilkan dari bunyi tabung bambunya yang berbentuk wilahan (batangan) setiap ruas bambu dari ukuran kecil hingga besar.




8.                  Calempong kampar
TALEMPONG adalah alat musik perkusi yang terbuat dari logam, perunggu, atau besi, berbentuk bundar, terdapat di daerah Kuantan dan Riau.Talempong ini berbentuk bundar pada bagian bawahnya berlobang sedangkan pada bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter  lima sentimeter sebagai tempat untuk dipukul. Talempong memiliki nada yang berbeda-beda. Bunyi dihasilkan dari sepasang kayu yang dipukulkan pada permukaannya.

9.                  Gamelan
Gamelan adalah musik yang tercipta dari paduan bunyi gong, kenong dan alat musik Jawa lainnya.

Irama musik yang lembut dan mencerminkan keselarasan hidup orang Jawa akan segera menyapa dan menenangkan jiwa begitu didengar.



10.              Cabassa
 alat musik yang penggunaannya dengan cara diguncang dalam genggaman tangan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar